SEKILAS INFO
: - Sabtu, 27-02-2021
  • 2 tahun yang lalu / Selamat Datang di website resmi SMA Negeri 3 Majene. Sekolah Model – Sekolah Akreditasi A
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di website resmi SMA Negeri 3 Majene. Sekolah Model – Sekolah Akreditasi A
Sosialisasi Program Kewirausahaan SMA Negeri 3 Majene Bantuan PSMA KEMDIKBUD

Ditahun ajaran  2019/2020 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan kepada lembaga pendidikan, melalui program Kewirausahaan. Di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat yang mendapatkan kesempatan tersebut yaitu Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Majene.

Kepala SMAN 3 Majene, Drs. H. Jalil. M.AP mengatakan program baru ditahun ajaran baru ini yaitu diberikan kesempatan oleh pemerintah pusat Provinsi Sulawesi Barat, yakni mengembangkan siswa dalam bidang kewirausahaan. hal ini perdana yang dilaksanakan

pada tingkat SMA.

“Program baru kita itu Kewirausahaan, yang Alhamdulilah tahun ini kita mendapatkan kesempatan bantuan dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Dijelaskan , jumlah dana bantuan untuk mengelola program Kewirausahaan tersebut mencapai Rp 100 Juta, pasalnya setiap siswa yang masuk sekolah tidak semua melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, maka dari itu untuk memberikan wawasan dilatih untuk memiliki jiwa usaha.

“Yang berorientasi bagi siswa yang tidak kuliah nantinya, mereka akan memiliki keterampilan,” ungkapnya.

Pihak SMAN 3 Majene akan mengarahkan para siswa untuk mengelola kewirausaan. Terdapat beberapa Program usaha yang akan diterapkan, diantaranya adalah, kerajinan dan pengelolahan limbah. Sedangkan yang akan mengikuti latihan usaha tersebut diutamakan bagi siswa, dengan membentuk kelompok Usaha Siswa (US).

 Kegiatan sosialisasi yang dilasanakan di Buka  oleh Pengawas SMA Drs. Rusdi Arsyad, M.Pd dan di hadiri oleh beberapa sekolah Imbas yakni SMA 1 Majene, SMA 2 Majene, SMA 1 Tinambung, SMA 1 Campalagian, SMA 2 Campalagia, dan Guru- Guru SMA Negeri 3 Majene serta beberapa siswa, yang kemudian harapan terhadap sekolah imbas adalah mampu menstimulus beberapa kegiatan kemudian dipraktekkan di skeolah masing masing

Pengembangan kewirausahaan di SMA adalah bagian dari program pembentukan karakter yang terkait dengan pembentukan sikap dan perilaku. Pengelola pendidikan diharapkan mampu menemukan strategi pengelolaan pendidikan yang lebih baik sehingga mampu menghasilkan pendidikan yang berkualitas baik akademik maupun non akademik. Kualitas non akademik berkaitan dengen kemandirian nutuk mampu bekerja di kantor atau membuka usaha/lapangan kedja sendiri. Dengan kata lain lulusan pendidikan diharapkan memiliki karakter dan perilaku kewirausahaan yang tinggi

“Minimal kita akan melaksanakan 3 latihan usaha, dan hal ini akan kami Terapkan seluruh Siswa yang akan dibentuk menjadi beberapa kelompok US,” ujarnya.

Sedangkan untuk pelaksanaan kegiatan latihan usaha tersebut dilakukan diluar jam sekolah, akan tetapi berbeda dengan kegiatan ekskul juga. Hal ini akan dilaksanakan disekolah maupun dirumah yang nantinya akan dipandu oleh guru yang memiliki pengalaman dalam usaha bisa ikut membantunya.

“Kegiatan ini bisa dilakukan di sekolah atau dirumah yang jelas diluar jam belajar, dan nanti akan tetap dipandu dengan guru  yang bisa membantu siswa untuk latihan,”.

TINGGALKAN KOMENTAR